Posted by Agny Gallus Pratama | 0 comments

Belajar IELTS, Belajarlah! #E-book Belajar IELTS


Menurut Wikipedia, International English Language Testing System disingkat IELTS adalah uji coba kemampuan berbahasa Inggris yang diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, British Councildan IDP Education Australia. IELTS sendiri digolongkan dalam dua macam modul ujian yaitu Modul Umum dan Modul Akademis.
Sejak tahun 1989, IELTS dipercaya untuk melakukan tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris. Lebih dari sejuta tiap tahun orang menggunakan IELTS untuk memasuki dunia yang berbahasa Inggris. Tes ini diselenggarakan di 120 negara.

Perbedaan TOEFL PBT dan IELTS

Sebenarnya perbedaan TOEFL PBT / ITP dan IELTS sangatlah mencolok. Perbedaannya terdapat pada nilai skor dan materi yang diujikan. Mengenai Skor, skor di TOEFL PBT adalah 310 hingga 678, sedangkan IELTS adalah 1 hingga 9. Mengenai materi yang diujikan, apabila di TOEFL hanya fokus pada Listening dan Reading saja, IELTS mengujikan Listening, Reading, Writing dan Speaking. Sehingga dapat disimpulkan bahwa IELTS mengujikan semua aspek dalam penguasaan bahasa inggris. Hal inilah yang membuat banyak universitas di dunia dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar lebih menyukai IELTS dari pada TOEFL PBT sebagai persyaratan masuk.

Sebenarnya ada perbedaan lain , yaitu biaya untuk ujian. Apabila TOEFL PBT / ITP hanya membayar 270rb hingga 350rb (tergantung tempat tes), sedangkan IELTS bisa 2juta hingga 2.5juta (tergantung kurs US $).

Belajar IELTS, Belajarlah!

Bagi teman-teman yang ingin belajar mengenai IELTS ini, Bang Kreebo mempunyai beberapa modul untuk belajar di rumah. Modul ini insyaallah membantu teman-teman dalam hal Reading, Writing, Listening, tetapi tidak untuk Speaking.  Bagi Bang Kreebo, sebenarnya bagian tersulit adalah Speaking. Hal ini dikarenakan kita akan menghadapi seorang Native sehingga akan membuat gugup apabila tidak terbiasa berbicara dengan Native. Namun, Speaking dalam IELTS sebenarnya lebih enak dari pada Speaking di TOEFL IBT, dalam IELTS kita akan dibantu apabila kita sudah stuck dengan materi yang ingin diucapkan, dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan lanjutan. Sedangkan dalam TOEFL IBT kita hanya berhadapan dengan Microphone saja, sehingga apabila pikiran kita stuck justru tidak akan terbantu.

Link Download Modul IELTS

Terdapat 5 Modul IELTS dalam link ini. Namun untuk mempermudah dalam mendownload silahkan liat step-step seperti pada postingan dalam mendownload Ebook Muslim di


Link Download Modul IELTS

Saran Bang Kreebo

Menurut Bang Kreebo, cara terbaik untuk memperlancar Speaking adalah berada pada lingkungan yang menggunakan bahasa inggris sebagai percakapannya. Apabila teman-teman mempunyai organisasi atau perkumpulan seperti ini, syukurlah, tetapi apabila tidak ada, maka saran terbaik yang dapat Bang Kreebo berikan adalah dengan pergi ke PARE, KAMPUNG INGGRIS.

Dengan keterbatasan waktu yang kita miliki, PARE dapat merubah lidah kita untuk tidak kaku terhadap Bahasa Inggris. Hanya 3 bulan - 6 bulan mengambil kursus (khususnya Speaking), dijamin bahasa Inggris kita akan berada pada tingkat menengah keatas. Lingkungan yang mendukung adalah salah satu kunci utama dalam penguasaan bahasa selain Tekad dan Kesabaran.

Ambilah program-program Speaking berjenjang dari basic hingga advance, mis di ELFAST ambil dari Talk More hingga Dynamic. Habiskan waktumu di Pare untuk belajar bahasa Inggris saja, full kan waktumu disana agar mendapat hasil yang luar biasa. 

#Bukti

Dengan 3 bulan belajar di Pare, saya mendapat nilai ujian ..... diluar dugaan saya hingga saya bisa meng-apply beasiswa sekarang ini.


0 comments: