Posted by Agny Gallus Pratama | 7 comments

Perjalanan Ke Kwitang (Toko-toko Buku di Senen, JakPus) #TapiSudahpindah.

Suasana kawasan buku di Lantai 4 Pasar Senen

Hari Minggu kemarin, seperti hari-hari sebelumnya selama di Jakarta menanti Tes Akhir Garuda Indonesia, saya kembali jalan-jalan untuk melihat kondisi Ibukota. Namun perjalanan kali ini oun agak berbeda, saya berencana untuk membawa oleh-oleh pulang Semarang, sekaligus bekal (untuk otak) 2 minggu kedepan.

Setelah saya Googling, ternyata saya menemukan bahwa terdapat kawasan buku-buku murah di daerah Kwitang, Senen, JakPus. Tanpa perlu berlama-lama lagi, saya memutuskan untuk pergi kesana segera. Rumah Pakde saya berada di Ciledug, Tangerang, Banten. Sehingga untuk mencapai Senen, saya memutuskan untuk naik Bianglala 44 Jurusan Ciledug Senen. Walaupun bus ini terlihat jelek dari luar, tetapi ternyata bus ini Ber-AC dan lumayan bersih dan nyaman untuk ukuran ekonomi. Selama 1 jam lebih perjalanan, seperti umumnya, ada pengamen, orang jualan, hingga baca puisi dan cerita #Unik. Nah ketika perjalanan, saya mencoba Googling kembali mengenai posisi Kwitang. Setelah saya baca-baca kembali, ternyata Kawasan Buku di Kwitang telah digusur dan dipindah ke Pasar Senen Lantai 4 serta Blok M lantai dasar. Untungnya, kawasan yang di Pasar Senen mempunyai koleksi buku lebih lengkap.

Setelah sampai di Terminal Bus Senen, saya langsung menjumpai toko buku di arah Barat yang berbentuk ruko-ruko. Ternyata, beberapa toko buku yang berada di Lantai 4 Senen pindah sebagian ke sini. Seperti ini gambaranya.


Suasana kawasan buku di Terminal Senen

Tanpa basa-basi, langsung saya mencari buku pesanan Sang Kekasih #CalonEkonomMuda, yang berjudul Teori Pertumbuhan Ekonomi, karangan bapak Wapres Boediono. Tawar-menawar pun terjadi, karena buku ini buku lama, jadi harga yang saya dapatkan adalah 20rb. Setelah itu, saya menanyakan mengenai kawasan buku di Pasar Senen.

Berhubung ini Soca (baca : Mata) sekelibat menatap buku Roman kedua Tetralogi dari Pramoedya Ananta Toer, Anak Semua Bangsa, badan saya tiba-tiba hadap kiri seketika, mengambil buku tersebut dan menannyakan harganya. Sungguh sangat disayangkan, ketika Si Abang ini menyatakan harga 60rb dan saya bilang 30rb, Si Abang langsung mengiyakan. Hal ini menunjukan bahwa harga buku ini bisa lebih murah dari apa yang ditawarkan. 

Menuju Pasar Senen, saya sempat bertanya sebanyak 3x mengenai keberadaan kawasan buku-buku tersebut, 2x saya mendapat jawaban "Masih disana Mas" dan terakhir mendapatkan jawaban "Masnya lihat parkiran mobil-mobil di atas situ? Nah disitu tempatnya mas". Akhirnya sampai juga di kawasan buku-buku ini.

Menurutku Kawasan Buku "Senen" lebih kecil dari pada Kawasan Buku "Shopping" Jogja tapi lebih besar dari Kawasan Buku "Stadion" atau "Johar" di Semarang. Perburuan buku pun berlangsung. Hal yang paling menyenangkan disini adalah kita dimanja oleh penjual buku. Dengan memberikan bangku, menawarkan buku-buku Recommended dan mencarikan buku yang kita minta #GaDibeliGaPa2, saya merasa nyaman mengitari kawasan ini. Selama 2 jam lebih akhirnya saya membeli 3 buku, namun telah membaca puluhan buku terlebih dahulu. Akhirnya pilihan pun jatuh kepada buku buku ; The Cuckoo's Calling, MADILOG, dan PR ala Rasulullah. 

Akhirnya selesai juga mendapatkan buku-buku yang bekal ini, namun sayang, tidak ada tempat menyampul buku-buku ini, sehingga saya harus menyampulnya sendiri. 

Perjalanan pun berakhir dan saya memutuskan untuk kembali ke Ciledug lagi dengan Bus yang sama, tetapi rute yang berbeda.


nb : Gambar Buku2 yang saya dapatkan 


7 comments:

  1. Hallo mas saya jg di ciledug dan rencana mau ke kwitang hr minggu ini nyari oleh2 buat sodara di kampung pas lebaran. Hehe
    jadi kalo ke kwitang naek bus 44 aja langsung nyampe ya. Mhon blasannya :"

    ReplyDelete
  2. halo saya perlu lokasi tepat terminal senen bagian mananya ???

    ReplyDelete
  3. nyatat nomer telephone penjualnya ngak?kalau ada di shared donk.thx

    ReplyDelete
  4. Tolong juga kalo ada kontak penjualnya donk

    ReplyDelete
  5. Kalo haru minggu buka seperti biasa ya toko bukunya mas??

    ReplyDelete
  6. Ka mo nanya hari libur nasional buka ga yaa?

    ReplyDelete