Posted by Agny Gallus Pratama | 7 comments

6 Bulan Menembus MT Garuda Indonesia



Man Jadda Wa Jada, Man Shabara Zafira


Akhirnya, 6 bulan berlalu. Perjalanan yang panjang untuk dapat bergabung dengan BUMN berskala Internasional ini. 2 Motto diatas harus diterapkan apabila teman-teman ingin memberikan kontribusi bagi bangsa ini dengan bring the best of Indonesia to the World by Garuda Indonesia

Semua berawal ketika di bulan September terdapat lowongan online mengenai MT. Ketika itu, GI merupakan salah satu perusahaan yang aku incar dalam opsi kedua setelah kuliah, yaitu mencari pekerjaan |bc : opsi pertama, kuliah lanjut|. Layaknya mencari kuliah, idealisme pun muncul ketika memilih pekerjaan untuk karir ku kedepan. BUMN ato Perusahaan MNC, Bukan Bank Ribawi, Bukan Perusahaan Luar yang mengeruk kekayaan alam Indonesia. Beberapa perusahaan pun menjadi pilihan, tetapi rata-rata aku sudah gagal di bagian Psikotes, entah mengapa. Setelah beberapa kali kegagalan, akhirnya Garuda Indonesia lah yang berhasil aku taklukan, hal ini tidak lebih karena izin Allah SWT serta mencoba menginstropeksi kesalahan yang pernah aku lakukan.

nb : Program MTGI merupakan program khusus dari Garuda Indonesia untuk pembentukan manager yang menduduki jabatan struktural. Nantinya, kita akan dididik selama 1 tahun . 

Terdapat 8 sesi tes yang aku jalani.

1. Tes Administrasi
    Tes standar untuk melihat dokumen dengan persyaratan yang diinginkan.

2. Tes Psikometri Online
    Fokus ke Matematika, Logika, Bahasa Inggris. Latihan dulu di situs-situs penyedia tes psikometri gratis.

3. Tes Asesmen Kompetensi
    Presentasi, FGD, dan Wawancara.

4. TOEIC
    Inggris lagi dah. Usahakan diatas 600 guys. TOEIC guys, bukan TOEFL, kalo TOEFL kira2 > 500

5. Wawancara User
    Presentasi bisnis.

6. Medex
    Cek Kesehatan, masih muda harus lulus cek ini. :D

7. Background Check
    Tes ini bersifat "rahasia", intinya tentang dirimu.

8. Pantuhir
    Presentasi dihadapan direksi langsung. Siapkan matang-matang untuk hal ini.

nb : Misal presentasi tentang apel (Tema ini hanya kiasan saja). Jangan cuma dari Wikipedia mengenai Apel! Baca mengenai apel di negara lain, apel di Indonesia, ketertarikan orang mengenai apel, apel di 2014, harga apel, pasar apel, penialaian expert tentang apel Indonesia dll. Karena akan dinilai direksi langsung, kalau hal umum mengenai apel, beliau pasti sudah expert, beliau mencari hal yang tidak banyak orang tahu.

Kedelapan sesi ini membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan. Persiapan yang matang akhirnya mampu meloloskanku menjadi MT. Bagi teman-teman yang siap untuk bertarung selama 6 bulan ini, persiapkan diri kalian baik-baik terutama di bahasa inggris, berbicara di depan umum, logika berpikir, dan wawasan mengenai Garuda Indonesia. 

Teman-teman jangan takut untuk menghabiskan waktu 6 bulan di Garuda Indonesia, karena Benefit yang didapat akan membuat kalian TERCENGANG :). Hal ini, karena Garuda Indonesia peduli sekali dengan karyawannya, apalagi MT. Bagi mereka, MT merupakan investasi yang bernilai, jadi anak-anak MT harus dipupuk sedemikian rupa agar ketika panen dapat memberikan yang terbaik bagi GI.

nb : 

Aku tak bisa menjelaskan secara detil mengenai setiap sesi tes, hal ini untuk memberikan tantangan dan fairness bagi teman-teman yang mau fight dan yang telah gagal dalam tes ini. 

Usahakan latih bahasa Inggris kalian terutama di speaking, karena hampir semua tes nantinya diutamakan menggunakan bahasa inggris. 

Prepare keuangan kalian, karena selalu bolak-balik ke Jakarta terus, bagi orang Jawa, mungkin enak bisa naik kereta ekonomi, tapi bagi yang luar pulau Jawa akan kesusahan. Think Out Of The Box aja deh untuk yang ini ma. :D

Jangan menganggap remeh semua sesi tes terutama ketika sesi akhir Pantuhir. Banyak orang menganggap bahwa kalo dah Medex itu 95% ketrima, atau kalo dah Pantuhir itu 98% keterima. Justru sesi Pantuhir ini yang menentukan karena dinilai Direksi langsung. Beliau tidak segan-segan MENCORET teman-teman yang tidak kompeten. Pengalamanku kemarin hampir 50% di cut-off. Bayangkan, bagaimana kecewannya apabila gagal di saat terakhir. 

Prepare for the best, Do the best, and You will get the best.

Let's Fly With Pride

One Team, One Spirit, One Goal

7 comments:

  1. masya allah, great, so inspiring akhi..
    couple of my senior had joined this competition, but unfortunately they failed in 4th-5th test session.. boleh dpt infonya kalau MT operec lg?

    ReplyDelete
  2. kakak galus. mau dong tips n triknya buat masuk MT garuda ?

    ReplyDelete
  3. kak agny, kakak sekarang bagian apa? boleh share benefit yang mencengangkannya ga kak?

    ReplyDelete
  4. mas galus, can you share to us your MT experience at Garuda Indonesia?
    how about career path as MT in Garuda Indonesia?

    thank you for sharing :)

    ReplyDelete
  5. Presentasi bisnisnya lebih fokus kemana pak ? Keuangan kah atau pemasaran ?

    ReplyDelete
  6. Presentasi bisnisnya lebih fokus kemana pak ? Keuangan kah atau pemasaran ?

    ReplyDelete
  7. Tergantung Case nya ya, bisa mrketing atau pemasaran

    ReplyDelete