Posted by Agny Gallus Pratama | 2 comments

Studi Lanjut "Master Degree" bidang Ekonomi Islam di Inggris, Siapa yang Mau?


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kalian ingin studi lanjut ke Inggris untuk mengambil Master Degree di bidang Ekonomi Islam atau Perbankan Islam?
Bang Kreebo akan membantu memberikan referensi Universitas-Universitas di Inggris yang membuka program ini.

1. Durham University 

Durham merupakan 100 Universitas terbaik di Dunia dan "Top Five" di Inggris, jadi tidak perlu diragukan lagi mengenai kualitas pendidikanya.

"Durham, I have come to realise, has a capacity to astound out of all proportion to its size. I don’t know any place that manages to be more intimate and infinite at once." by Bill Bryson, international author and former Chancellor of Durham University

Untuk studi mengenai Islami nya berada pada Departemen Timur Tengah dan Studi Islami. Lebih lanjutnya dapat melihat langsung ke link berikut ini.

Durham University : IMEIS


2. Markfield Institute of Higher Education

MIHE baru dibangun di tahun 2000 dan mempunyai tujuan dalam mengembangkan Islamic Finance maupun Economic nya.

"MIHE is unique, as it combines the richness and high standards of traditional Islamic scholarship with the best of western research techniques, academic rigour and critical inquiry. The Institute is committed to promoting excellence in teaching, research and training. It offers students a friendly and conducive environment for learning and research."

Link untuk informasi lebih lanjut

MIHE : IBFM


3. University of Wales Lampeter

Universitas ini merupakan salah satu universitas tua di Inggris, didirikan di tahun 1822. Universitas ini merupakan sarangnya para Islamic and Christian Scholar.

Link mengenai Studi Ekonomi Islam di Universitas ini

UWL : IS


4. New Castle University


Universitas ini juga merupakan universitas tua di Inggris yang berdiri di tahun 1834. Peringkat universitas ini baik, karena berada pada ranking 129 di Dunia dan 12 di Inggris. Studi Perbankan Islam disini terdapat pada "Department Finance and Law". 

Link mengenai studi ini ada pada


5. Bangor University


Universitas ini didirikan di tahun 1884, dimana saat ini menjadi "15 Best Univ in UK" dan menduduki peringkat 251 di dunia.

Link mengenai Studi Perbankan Islam

BU : IBAIF


6. Reading University
Didirikan di tahun 1926 dan bertempat di Berkshire, Inggris, universitas ini menduduki peringkat 176 Dunia.
Bahkan sebagai salah satu Universitas Riset Terkemuka , Times Higher Education menyatakan bahwa Reading University adalah
  
"It is one of the ten most research intensive universities in the UK and ranked in the top 1% of universities in the world" 

Link mengenai studi Ekonomi Islam ada pada 


7. Oxford University


Tidak usah dijelaskan lagi mengenai universitas bergengsi ini. Menjadi salah satu kebanggan para Pencari Ilmu apabila dapat menimba ilmu disini. 

Linknya ada di


8. Cambridge University
Sama seperti Oxford dan Durham, Cambridge merupakan universitas yang banyak diperebutkan pencari ilmu. Dibangun di tahun 1209 (Bersama dengan Oxford, mereka disebut sebagai ANCIENT UNIVERSITIES in THE WORLD) , Cambridge merupakan "Top Three" di Inggris dan "Top Ten" di Dunia. 

Studi mengenai Ekonomi Islam atau Perbankan Islam ada pada


------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itu tadi merupakan beberapa universitas di Inggris yang mempunyai studi ekonomi islam di bidang Master Degree. Sebenarnya masih terdapat beberapa universitas lagi seperti

1. Porstmouth Univ
2. City Univ of London
3. Lancester Univ
4. Salford Univ
5. Etc.

Namun, dikarenakan keterbatasan informasi yang saya memiliki, saya belum mampu untuk memberikan semua informasi terkait dengan Studi Ekonomi Islam.

Sekian dari Bang Kreebo. Semoga Beruntung Bisa Kuliah Di Inggris : D

========================================================================

Sebenarnya studi ekonomi islam yang terbaik adalah di negara muslim seperti Mesir, Malaysia, Arab Saudi, Pakistan, dll. Namun, mungkin dengan terkendala dalam bahasa arab, bisa menjadi salah satu penyebab mengapa pencari ilmu memutuskan Inggris sebagai tempat menimba ilmu. Sistem pendidikan di Inggris yang baik, merupakan salah satu penyebab orang ingin belajar ke Inggris. 

Bagaimana dengan Amerika , sebagai salah satu negara tujuan pencari ilmu? Di Amerika, hanya terdapat 1 universitas saja dalam mempelajari ekonomi islam. Universitas tersevut adalah Harvard University, bahkan program yang tersedia hanya di PostGraduate saja. Lebih lanjut lagi, Ekonomi Islam hanya dijadikan sebagai ShortCourse saja. Hal ini dapat terlihat jelas bahwa Amerika tidak tertarik terhadap perkembangan ekonomi islam saat ini. 

"Suatu Negara Maju, tetapi Sekuler sedang gencar untuk mempelajari Ekonomi Islam bahkan mencoba mengimplementasikan dalam kehidupan. Hal ini seharusnya menjadi pertanda bahwa Ekonomi Islam merupakan Sistem Masa Depan yang akan membawa kestabilan ekonomi. Maka, sebaiknya negara tercinta kita, Indonesia, mengikuti jejak "negara satu ini". Janganlah meniru "negara satunya" akan sistem Liberalisme nya, karena faktanya "negara satu ini" lebih beradab dari pada "negara satunya"."

2 comments:

  1. keren bang makasih infonyaa. request universitas di timur tengah yang mau nerima perempuan untuk studi master ekonomi islam bisa nggak bang? terimakasiih

    ReplyDelete
  2. Bang, ada info untuk program doktor ekonomi islam?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete