Posted by Agny Gallus Pratama | 1 comments

Satu dari Keajaiban Dunia ..... "Belanda"



Pada tahun 2012 ini Negeri Belanda dinobatkan sebagai negara terbaik kedua dalam kategori  “Best Place for Business” menurut survei yang dilakukan oleh Bloomberg. Pada tahun lalu juga Belanda berhasil menyandang beberapa gelar bergengsi  yaitu urutan ke-10 pada The Most Competitive Country dan The World’s Best Country serta urutan ke-8 pada  The Most Innovative Country.

Wow?

Mengapa??

 Merupakan hal yang aneh bagi saya, dikarenakan Belanda dalam tahun 2011 kuartal ke 4 saja, Belanda mengalami resesi hingga 0,7 % (Media Indonesia, 2012). Bagaimana bisa suatu Negara dalam keadaan resesi mampu mendapat gelar yang telah disebutkan diatas. Hal tersebut membuat saya tertarik untuk melihat lebih detail mengenai Negeri berjuluk Kinci Angin ini.

            Belanda atau yang mempunyai arti harfiah “ Kerajaan Tanah-Tanah Rendah “ merupakan negara eropa bagian barat yang sebagian besar datarannya berada dibawah permukaan laut.  Sehingga dapat dikatakan bahwa negara ini harus berjuang keras agar wilayahnya tidak terendam air, ditengah meningginya permukaan air di dunia akibat pengaruh Global Warming. Dibutuhkan teknologi yang tinggi dalam pembuatan dam-dam untuk menahan permukaan air, sehingga dapat dihubungkan dengan pembiayaan yang tinggi dengan ditopang dari segi perekonomian.

           Didasarkan pada penghargaan Best Place for Business, terdapat  beberapa faktor yang menunjang, satu diantaranya ialah  pelabuhan.  Mengapa? Belanda mempunyai 5 pelabuhan besar (Internasional) . Pelabuhan besar ini mempunyai implikasi besar dalam sektor perekonomian belanda. 
Sekedar Intermezzo saja, saya heran mengapa bisa Belanda mempunyai lima pelabuhan besar (Internasional) ditengah kontur permukaan Belanda yang aneh.

Kincir Angin di Belanda

             Satu dari lima pelabuhan yang terkenal ini ialah Pelabuhan Rotterdam. Pelabuhan Rotterdam sempat menjadi pelabuhan terbesar di dunia hingga 2004 yang kemudian diambil oleh Cina. Informasi mengenai Rotterdam menyebutkan bahwa tempat ini menampung kurang lebih 60.000 tenaga kerja, hal itu juga ditambah dengan perusahaan terkait jumlahnya sekitar 250.000 orang. Dapat dibayangkan untuk lima pelabuhan saja akan menghasilkan tenaga kerja kurang lebih 1,5 juta orang. Dan sekedar info saja bahwa total bongkar muat di Pelabuhan Rotterdam saja 378,2 milyun ton di tahun 2006. Wow, Bagaimana kalau lima pelabuhan? 

Pelabuhan Rotterdam di malam hari.


             Di Pelabuhan Rotterdam ini juga terdapat Maasvlakte (Dataran Maas). Apa itu Maasvlakte? Maasvlakte adalah kawasan industri yang dibangun diatas Laut Utara. Dataran ini merupakan bagian dari Pelabuhan Rotterdam. Kawasan ini mempunyai panjang sekitar 40 kilometer. Huft, dapat dibayangkan bagaimana sibuknya perdagangan hingga membutuhkan daerah seluas itu. Apakah itu membuat pemerintah Belanda puas? Tidak. Ternyata, tahun 2008 lalu Belanda juga melakukan pembangunan Maasvlakte 2. Dengan adanya pembangunan tahap dua ini membuat pelabuhan 20% lebih luas dengan tingkat bongkar muat 300% lebih. Amazing! Sekarang saya dapat percaya apabila Belanda mendapat kategori seperti diatas

               Pelabuhan besar tidak hanya berkutat pada perdagangan, tetapi juga pada sektor pariwisata, maksudnya ialah Wisata Cruise (Kapal Mewah). Bagaimana tidak, potensi wisata ini sangat menggiurkan,  turis dari kalangan High-End ini dipastikan akan menghamburkan uangnya dalam jumlah yang sangat besar. Pelabuhan Rotterdam dapat dikatakan membawa penghidupan bagi kota Rotterdam, dengan sering berkunjungnya kapal Queen Mary II Pada tahun lalu saja ada 252 kapal dengan 64 operator dan penumpang tidak kurang dari 18 juta orang (Bisnis Indonesia, 2012 ). Selain itu pula, Secondary Amazing! Hebatnya Belanda mengambil potensi wisata ini.

Referensi :
1.  http://luar-negeri.kompasiana.com/2011/02/16/pelabuhan-rotterdam-pelabuhan-dunia/
2. http://en.wikipedia.org/wiki/Netherlands
3. http://www.nesoindonesia.or.id/indonesian-students/kompetiblog-2012/resources/ekonomi/belanda-negara-terbaik-kedua-di-dunia-sebagai-best-place-for-business/
4. http://www.bisnis.com/articles/indonesia-tertinggal-kembangkan-wisata-cruise
5. http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/16/298980/4/2/Giliran-Italia-dan-Belanda-Dihajar-Resesi

1 comment: